Primbon, Mistik, Klenik, Paranomal, Metafisika
Pendulum Audio Pembangkit Energi Metafisika
Metode Alternatif Tambah Tinggi Badan Rajah Penakluk Sukma
Super Hipnotis Modern : Pengaruhi Orang Jarak Jauh Audio Zikir Menetralisir Energi Negatif
Paket Belajar Hipnotis Audio Pembangkit Energi Metafisika
Pendulum Ajaib untuk Deteksi Berbagai Hal Tasbih Nur Karomah
Software Pemusnah Santet Rahasia Dahsyat Kunci Kekayaan Agung
Nomor Handphone Pendongkrak HOKI VCD : Senam Praktis Penyembuh Sgl Penyakit
ilmu tenaga dalam kalung penyembuh penyakit
 
Rabu Pon, 14 November 2018 (5 Rabiul Awwal 1440H)   

[ ADS ]
bisnis crypto
[ KEILMUAN ]

menaklukan pelaku ilmu gendam

agar lolos dari pemeriksaan oknum aparat

asma patirasa

rajah ilmu menghilang

asmak getak ambyak

doa pegangan para pemimpin

menundukan masyarakat di suatu daerah

khasiat hizib nasr




[ ARTIKEL ]

 panjang umur dengan ramuan cokelat dan zink

 kesetiaan pria berdasarkan zodiaknya

 mengenal ilmu sirep

 tempat angker di dunia yang bikin penasaran

 menebak kepribadian wanita berdasarkan bentuk hidungnya



[ TEROPONG ]
Tafsir Mimpi
Kedutan
[ MENU ]
JOIN NOW
LOGIN
Konsultasi Spiritual


Home > Artikel > Detail
pelatihan seni penyembuhan

Candi Mendut : Sulit Punya Anak Memohon ke Dewi Kesuburan

by : Indospiritual
Kategori : Umum
 

Candi ini terletak di desa Mendut, Mungkid, Magelang. Terletak sekitar dua kilometer tenggara ibu kota Kabupaten Magelang. Candi Mendut berdekatan dengan Candi Pawon serta Candi Borobudur. Tiga candi ini biasanya masuk jadi satu paket kunjungan wisata. Baik wisatawan domestik maupun dari manca negara. Banyak orang masih percaya, kekeramatan Candi Mendut memberi tuah. Bahkan dipercaya tuah itu berkhasiat pengobatan.

SEBAGAI candi Buddha yang monumental, setiap kali berlangsung peringatan Hari Raya Waisak, upacara dipusatkan di ketiga candi ini. “Ketika upacara Tri Suci Waisak berlangsung, prosesi dimulai dari candi ini lalu ke candi Pawon dan diteruskan menuju Borobudur,” kata Maryono (50), salah satu karyawan Dinas Purbakala.

Menurutnya, bangunan candi Mendut ditemukan 1836 dalam keadaan tertimbun semak belukar. Penggalian dan pembersihan terus dilakukan secara bertahap. Dan bersamaan dengan perbaikan candi Borobudur, 1908, berhasil disusun kembali sebagian atap candi. Beberapa stupa kecil juga dapat dipasang lagi.

“Para ahli memperkirakan candi tersebut dibangun pada abad ke-9 Masehi oleh Dinasti Syailendra,” jelas Maryono.

Keunikan Mendut dibanding candi-candi lain di Jawa bahkan di Indonesia, antara lain pada pintu masuknya yang menghadap ke barat laut. Sebab kebanyakan candi menghadap ke timur. Selain itu di bilik candi terdapat 3 arca dengan ukuran cukup besar. Masing-masing terbuat dari bongkahan batu utuh.

Tiga arca tersebut makin menguatkan kekaguman betapa hebat karya seni nenek-moyang bangsa Indonesia. Ketiga arca tersebut adalah Arca Dyani Buddha Cakyamuni, menghadap ke barat dalam posisi duduk. Kedua kakinya menyiku ke bawah pada landasan teratai. Kedua Arca Bodhisatva Avalokitesvara, menghadap ke selatan, juga posisi duduk dengan kaki kiri dilipat ke dalam sedang kaki kanan menjulur ke bawah. Dan yang ketiga adalah Arca Bodhisatva Vajrapani, menghadap ke utara, dengan posisi duduk pula. Kaki kanan dilipat dengan telapak kaki menyentuh paha sedang kaki kiri menjulur ke bawah. “Vajrapani dan Avalokitesvara disebut-sebut sebagai pengiring atau pengawal Buddha Cakyamuni,” tandas Maryono.

Relief-relief yang terukir indah juga bisa ditemukan di beberapa dinding candi. Misal di sebelah kiri pintu masuk ke bilik candi terlihat relief Hariti. Tergambarkan Hariti sedang duduk sambil memangku anak. Di sekelilingnya terdapat beberapa anak yang sedang bermain.

Banyak yang bercerita, Hariti awalnya raksasa yang gemar makan manusia. Namun setelah bertemu Sang Budha ia bertobat dan berubah menjadi pelindung anak-anak. Bahkan dikenal dengan Dewi Kesuburan (Fertility Goddes). Karena Dewi Kesuburan itulah barangkali yang mendorong beberapa pasangan yang belum diberi momongan sering ziarah ke Candi Mendut. Pak Maryono mengaku pernah ketemu pasutri yang berasal dari Jakarta dan doanya agar diberi keturunan bisa terkabulkan “Mereka pernah bercerita, sudah 5 tahun menikah namun belum punya anak. Tidak berapa lama setelah berdoa di dalam bilik candi Mendut bisa punya keturunan,” jelas Maryono.

Dito (46) teman satu kantor Pak Maryono menambahkan, orang-orang yang berkunjung ke Candi Mendut berasal dari berbagai tempat serta agama. Begitu juga yang berdoa atau meditasi di candi tersebut bisa berasal dari bermacam agama. Atau lintas agama. “Yang penting keyakinan, keikhlasan dan kemantapan mereka saat berdoa pada Tuhan,” tutur Dito.

Ditambahkan, orang Jepang pernah ada yang berdoa mohon kesembuhan dari sakit lumpuhnya. Ketika benar-benar sembuh, 1985 balik lagi ke Mendut dan membangun prasasti berbahasa Jepang, diletakkan di luar pagar barat Candi Mendut.

“Selain membangun prasasti, menurut kabar orang Jepang tersebut juga mengadakan upacara pernikahan putranya di Yogyakarta,” tambah Dito.

Dari Candi Mendut berjalan sekitar 1,5 kilometer ke arah selatan akan ditemukan candi Pawon. Di dalam candi tersebut juga ada bilik namun tak ada arca atau patung satu pun. Dan banyak yang tidak tahu fungsi candi tersebut. “Karena letaknya di antara Candi Mendut dan Borobudur, bisa jadi sebagai tempat istirahat ketika melakukan perjalanan ziarah,” ungkap Ny. Ngatini (41) warga sekitar Candi Pawon.

Hal-hal aneh di sekitar candi tersebut, menurutnya, warga sekitar candi tak banyak menemui. “Kami yang biasa ngedep candi itu malah tak menemui, namun entah kalau orang-orang yang datang dari jauh. Meski datang dari jauh, jika orang biasa saya rasa tak mudah bisa menjumpai. Kalau yang punya indera ke-6 bisa jadi menemukannya,” paparnya.
 
sumber : pos metro balikpapan



 
KOMENTAR ANDA :




ARTIKEL LAINNYA
hutan hutan paling angker di dunia

ritual kekayaan warga tiongkok

tidak mampu berobat, wanita ini ditolong pria misterius

gangguan tidur dapat memunculkan penampakan makhluk halus

makna angka menurut feng shui

ramuan tradisional penangkal santet

membaca tanda-tanda alam agar selamat

makhluk halus buncul halus hebohkan warga cirebon

sosok misterius bikin heboh warga swiss

calon menteri berburu "orang pintar"

 
 
 
VIDEO MISTERI PILIHAN
Penampakan Bigfoot di Kanada
 


[ ADS ]
[ PRODUK ]

metode astral projection anti gagal

kumpulan audio hipnoterapi

program pembangkitan ilmu tenaga dalam

pagar gaib mobil

tasbih kayu kokka asli

metode alternatif menambah tinggi badan secara alami



[ PENCARIAN ]

Kata yang dicari



di



[ NETWORK ]






loading...

Email : support@indospiritual.com SMS CENTRE : 0813-8698-9797 (Sabtu/Minggu/Hari Besar Libur)
CopyLeft @ 2018, IndoSpiritual.com