Primbon, Mistik, Klenik, Paranomal, Metafisika
Pendulum Audio Pembangkit Energi Metafisika
Metode Alternatif Tambah Tinggi Badan Rajah Penakluk Sukma
Super Hipnotis Modern : Pengaruhi Orang Jarak Jauh Audio Zikir Menetralisir Energi Negatif
Paket Belajar Hipnotis Audio Pembangkit Energi Metafisika
Pendulum Ajaib untuk Deteksi Berbagai Hal Tasbih Nur Karomah
Software Pemusnah Santet Rahasia Dahsyat Kunci Kekayaan Agung
Nomor Handphone Pendongkrak HOKI VCD : Senam Praktis Penyembuh Sgl Penyakit
ilmu tenaga dalam kalung penyembuh penyakit
 
Sabtu Pahing, 19 Oktober 2019 (19 Safar 1441H)   

[ ADS ]
bisnis crypto
[ KEILMUAN ]

menaklukan pelaku ilmu gendam

agar lolos dari pemeriksaan oknum aparat

asma patirasa

rajah ilmu menghilang

asmak getak ambyak

doa pegangan para pemimpin

menundukan masyarakat di suatu daerah

khasiat hizib nasr




[ ARTIKEL ]

 membaca pikiran lewat mata

 riwayat hotel paling angker sedunia

 membaca romantisme seseorang lewat zodiak

 tips menjinakkan kekuatan jahat dalam benda pusaka

 fakta menarik mengenai mimpi



[ TEROPONG ]
Tafsir Mimpi
Kedutan
[ MENU ]
JOIN NOW
LOGIN
Konsultasi Spiritual


Home > Artikel > Detail
Aktivasi Batu Permata

Legenda Gua Panggung di Pangandaran

by : Indospiritual
Kategori : Umum
 

Selain dikenal dengan pantainya, Pangandaran juga punya banyak kisah mistis. Salah satunya tentang makam yang dipercaya milik anak angkat Nyi Roro Kidul. Keunikan itu pun dapat dijumpai oleh traveler yang singgah ke kawasan Cagar Alam Pangandaran yang terletak di sisi kanan Pantai Barat. detikTravel pun sempat singgah dan melihat langsung makamnya.

Petunjuk makamnya yang berada di Gua Panggung pun sudah tampak ketika traveler memasuki gerbang cagar alam, di mana berada di sisi kiri jalan dari perduaan utama. Kemudian lanjut jalan sekitar 100 meter saja dan belok sedikit di sebelah kiri.

Sesuai namanya, traveler pun akan dihadapkan pada sebuah gua yang terletak persis di sisi pantai. Anda pun tidak perlu takut, karena ada pemandu yang selalu stand by dan menjaga gua sekaligus makam yang dipercaya milik anak angkat dari Nyi Roro Kidul, penguasa Pantai Selatan.

Saya pun ditemani oleh salah satu pemandu bernama Edward untuk melihat lebih dekat makam tersebut. Menurut Edward, awalnya gua beserta makam tersebut ditemukan oleh para tua bijak dan tak jelas kapan pertama kali ditemukannya.

"Awal ditemukannya sama orang tua bijak, gua sama makamnya sendiri baru dibuka untuk umum waktu cagar alam dibuka tahun 90-an," jelas Edward.

Sebelum saya sempat bertanya akan kisah makam di Gua Panggung tersebut, Edward pun menunjukkan sebuah tembok semen yang bertuliskan kisah dari makam yang misterius tersebut. Dijelaskan, bahwa makam itu dibuat untuk Embah Jaga Lautan yang konon adalah anak angkat sang Ratu.

Mitosnya, Embah Jaga Lautan diberi mandat untuk menjaga laut bagian Barat di daerah Pangandaran oleh Nyi Roro Kidul. Diceritakan juga beliau memiliki tujuh istri yang selaku bertengkar dan tidak pernah harmonis.

Namun ketika sang istri ketujuh pergi memancing, ia menangkap sebuah ikan tempel pada pancingnya. Atas wejangan dari Nyi Roro Kidul, Embah Jaga Lautan pun memakan ikan tersebut bersama tujuh istrinya. Alhasil ketujuh istrinya mulai hidup rukun dan tidak bertengkar lagi.

Tapi pada suatu waktu, Embah Jaga Lautan meminta izin pada ketujuh istrinya untuk melakukan semedi di Gua Panggung untuk waktu yang lama. Waktu pun berlalu, para istri yang khawatir menengok tempat semedinya dan tidak menemukan sang suami.

Oleh sebab itu, para istri membuat makam di Gua Panggung untuk mengenang Embah Jaga Lautan yang hilang rimbanya. Gua Panggung sendiri disebut demikian karena letaknya yang sedikit menjorok di dalam gua dan berbentuk seperti panggung dari batu alami.

Traveler pun harus menaiki sejumlah tangga untuk menuju ke Gua Panggung yang menjadi lokasi Makam Embah Jaga Lautan. Nuansa Nyi Roro Kidul pun tampak dari makam yang ditutup oleh kain dan payung berwwarna hijau.

Lantas mitos yang ada membuat Gua Panggung dan Makam Embah Jaga Lautan diliputi oleh kisah mistis. Menurut Edward, para tokoh spiritual sering datang ke makam tersebut setiap malam Jumat Kliwon.

"Biasanya ada saja yang datang ke makam setiap malam Jumat Kliwon, dulu makamnya juga sempat jadi lokasi uji nyali Dunia Lain, itu yang di Trans TV," cerita Edward.

Terlepas dari benar tidaknya kisah tersebut, namun Gua Panggung dan Makam Embah Jaga Lautan menjadi salah satu atraksi wisata di Cagar Alam Pangandaran. Berhubung saya datang saat weekend, tak sedikit rombongan wisatawan yang datang.

Jika penasaran dan ingin berkunjung, Anda harus membayar tiket masuk cagar alam sebesar Rp 21 ribu saat weekend dan Rp 16 ribu saat weekday. Harga tersebut sudah termasuk asuransi jiwa. Sedangkan untuk pemandu, traveler akan dikenakan biaya tambahan.

Sumber : detik.com



 
KOMENTAR ANDA :




ARTIKEL LAINNYA
geger ular berkepala wanita di biltar

kisah munculnya pusaka gaib

kisah ayam ajaib yang hidup 18 bulan tanpa kepala

peruntungan shio anda di tahun tikus 2008

warga amerika yakin bahwa yesus akan kembali ke bumi tahun 2050

masjid sejarah di pekanbaru : sumur tua yang misterius

makna angka menurut feng shui

analisa kepribadian jokowi dan prabowo dari sudut pandang ilmu graphology

anak kucing mirip monyet hebohkan riau

khasiat mistis batu akik sulaiman

 
 
 
VIDEO MISTERI PILIHAN
Penampakan Tuyul di Bogor
 


[ ADS ]
[ PRODUK ]

metode astral projection anti gagal

kumpulan audio hipnoterapi

program pembangkitan ilmu tenaga dalam

pagar gaib mobil

tasbih kayu kokka asli

metode alternatif menambah tinggi badan secara alami



[ PENCARIAN ]

Kata yang dicari



di



[ NETWORK ]


loading...

Email : support@indospiritual.com SMS CENTRE : 0813-8698-9797 (Sabtu/Minggu/Hari Besar Libur)
CopyLeft @ 2019, IndoSpiritual.com