Primbon, Mistik, Klenik, Paranomal, Metafisika
Pendulum Audio Pembangkit Energi Metafisika
Metode Alternatif Tambah Tinggi Badan Rajah Penakluk Sukma
Super Hipnotis Modern : Pengaruhi Orang Jarak Jauh Audio Zikir Menetralisir Energi Negatif
Paket Belajar Hipnotis Audio Pembangkit Energi Metafisika
Pendulum Ajaib untuk Deteksi Berbagai Hal Tasbih Nur Karomah
Software Pemusnah Santet Rahasia Dahsyat Kunci Kekayaan Agung
Nomor Handphone Pendongkrak HOKI VCD : Senam Praktis Penyembuh Sgl Penyakit
ilmu tenaga dalam kalung penyembuh penyakit
 
Kamis Pahing, 19 September 2019 (19 Muharam 1441H)   

[ ADS ]
bisnis crypto
[ KEILMUAN ]

menaklukan pelaku ilmu gendam

agar lolos dari pemeriksaan oknum aparat

asma patirasa

rajah ilmu menghilang

asmak getak ambyak

doa pegangan para pemimpin

menundukan masyarakat di suatu daerah

khasiat hizib nasr




[ ARTIKEL ]

 membaca pikiran lewat mata

 riwayat hotel paling angker sedunia

 membaca romantisme seseorang lewat zodiak

 tips menjinakkan kekuatan jahat dalam benda pusaka

 fakta menarik mengenai mimpi



[ TEROPONG ]
Tafsir Mimpi
Kedutan
[ MENU ]
JOIN NOW
LOGIN
Konsultasi Spiritual


Home > Artikel > Detail
Aktivasi Batu Permata

Rahasia Tidur Sehat Ala Tiongkok

by : Indospiritual
Kategori : Kesehatan
 
rahasia tidur




Orang menghabiskan hampir sepertiga hidupnya hanya untuk tidur. Tidur yang berkualitas baik memainkan peran penting dalam sebuah kehidupan yang sehat.

Apa yang terjadi selama tidur? Tubuh beristirahat, memperbaiki dan membangun kembali dirinya selama tidur. Setelah beristirahat yang cukup pada malam hari, orang bangun dengan perasaan segar. Ini dikarenakan banyak hal yang dikerjakan selama tidur yang memperbaiki dan membangun kembali tubuh. Sebagai contoh, selama tidur, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon yang penting dalam membakar lemak dan membangun otot yang 'kurus'.

Tidur juga merupakan waktu untuk tubuh berhasil melewati sebuah mekanisme rumit dari fungsi-fungsi sistem kekebalan tubuh. Studi menunjukkan, ketika seseorang kurang tidur atau tidur yang sangat terbatas, sel-T mereka akan menurun dan radang cytokines bertambah. Mereka mudah terkena flu atau pilek.

Selama tidur tingkat mendalam, otot menjadi relaks dan pembuluh darah membesar, mendorong sirkulasi darah yang lebih baik, dan otak memroses informasi. Oleh karena itu, tidur bukan sebuah proses yang berjalan pasif namun aktif, yang menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Orang yang berpikir bahwa tidur adalah membuang waktu dan berusaha mencari penggantinya untuk mengurangi tidur, hal ini akan mengalami penurunan kesehatan yang signifikan.

Seberapa Lama Tidur?


Seberapa lama kita tidur tergantung pada usia kita. Semakin berumur, makin sedikit waktu tidur yang diperlukan. Seorang bayi membutuhkan tidur 14 hingga 15 jam sehari; untuk balita membutuhkan tidur 12 hingga 14 jam sehari, anak usia sekolah membutuhkan tidur 10 hingga 11 jam sehari, sedangkan orang dewasa hanya membutuhkan tidur 7 hingga 9 jam sehari.

Orang yang kekurangan tidur kronis, pasti memiliki kualitas tidur yang buruk, dan wanita hamil mungkin membutuhkan penambahan waktu tidur. Orang yang berusia lebih tua mungkin sering terbangun dari istirahat malamnya, dan mereka membutuhkan tidur siang.

Secara umum, orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam dan lebih dari sembilan jam mungkin memiliki hidup yang lebih pendek.

Penelitian awal berfokus pada apa yang terjadi jika seseorang sangat kekurangan tidur selama 48 hingga 96 jam. Gejalanya termasuk mengantuk, rambut rontok, lekas marah, bergejolak dan kejiwaan.

Kini, peneliti telah menggeser fokus mereka pada pembatasan tidur, mempelajari apa yang terjadi jika tidur malam kurang dari enam jam sehari. Beberapa orang cenderung menjadi hiperaktif dan gelisah selama seharian, lainnya merasa lelah dan mengantuk.

Para dokter penasaran apakah mereka harus memberi pasien stimulan mental untuk membuat mereka tenang dan waspada. Pertanyaan lainnya, apakah pasien benar-benar kalah dalam hal kesehatan mereka?

Waktu Terbaik untuk Tidur


Panduan tidur higinis saat ini menganjurkan orang untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama, masih sedikit sekali peneliti yang membahas jam berapakah orang seharusnya tidur.

Dr. Christian Guilleminault dari Stanford University melakukan sebuah studi pendahuluan dari delapan pria yang menghabiskan waktu selama seminggu tidur di laboratorium. Penelitiannya menelusuri perilaku dan tingkat fungsi saat melakukan simulasi menyetir dan pengujian memori, serta pengujian untuk tetap terjaga. Mereka diizinkan untuk tidur 8,5 jam selama dua malam, dan hanya tidur 4 jam selama 7 malam berikutnya.

Satu kelompok tidur mulai dari 22:30 hingga 2:30 selama tujuh malam, kelompok lainnya mulai jam 2:15 hingga 6:15. Seperti yang dapat Anda perkirakan, pembatasan tidur memengaruhi seluruh peserta. Hasil dari tes terjaga diambil setelah tidur 8,5 jam, sangat jauh berbeda dari hasil pada hari terakhir pengujian.

Namun hasilnya juga berbeda di antara dua kelompok tersebut. Nilai kelompok yang tidur saat dini hari pada tes terjaga, secara signifikan lebih baik dibandingkan kelompok yang tidur di larut malam.

Kelompok yang tidur dini hari juga memiliki tingkat efisiensi tidur lebih baik (persentase waktu yang dihabiskan tidur dalam empat jam) dan tidur laten (lamanya waktu untuk terlelap tidur).

Hasil ini tidak cukup untuk mengatakan kapan waktu terbaik untuk tidur, namun mereka benar-benar menunjukkan bahwa tidur pada saat berbeda menghasilkan hasil yang berbeda.

Tidur Menurut Ilmu Tiongkok Kuno


Pengobatan Tiongkok klasik merupakan sebuah sistem medis yang lengkap dan telah diturunkan selama ribuan tahun, di dalamnya juga terkandung informasi mengenai tidur yang sehat.

Tidur merupakan sebuah hasil dari ritme sirkulasi energi yang alami. Saat pukul 23:00, Yin Qi (pasif, menerima energi) berada pada titik terkuat. Hal ini merupakan waktu ideal bagi tubuh untuk beristirahat, memperbaiki dan melengkapi.

Karena itu, orang seharusnya tidak tetap terjaga di atas pukul 23:00. Hal ini juga dikarenakan waktunya tubuh untuk membangun Yang Qi (aktif, kreatif energi), yang menyediakan energi yang kita butuhkan untuk aktivitas fisik dan mental selama sehari penuh.

Qi tubuh dan darah bersirkulasi dan memberi gizi pada tiap-tiap sistem organ pada waktu yang berbeda pada siang dan malam hari. Sebagai contoh, antara pukul 01:00 - 03:00, darah dan Qi paling kuat pada organ hati dan meridiannya, jaringan energi yang membantu liver memenuhi fungsinya. Oleh karenanya, tidur pada waktu ini hal yang krusial bagi liver untuk berfungsi secara normal.

Dalam pengobatan Tiongkok, liver mengemban sejumlah tugas yang luar biasa, baik secara fisik, mental dan emosional. Energi liver mengatur mood seseorang, pencernaan, menstruasi, mimpi, saklar untuk bangun tidur, penglihatan, dan kelancaran arus energi ke seluruh tubuh. Ia bertanggungjawab atas perencanaan strategis dan pelaksanaan, serta memelihara semua jaringan ikat, mulai dari sendi hingga kuku.

Liver sangat sensitif pada emosi negatif seperti kemarahan dan dendam. Jika liver tidak diperhatikan dengan baik, orang akan menjadi mudah tersinggung dan terganggu. Kini Anda dapat melihat betapa serius pengaruhnya pada kesehatan Anda jika tidak tidur pada waktu yang telah ditentukan oleh alam.

Sistem organ penting lainnya, yang dipelihara oleh Qi dan darah adalah paru-paru (paling kuat mulai pukul 03:00 hingga 05:00 ). Sistem paru-paru bertanggungjawab pada penyediaan oksigen dalam tubuh, pertahanan terhadap infeksi, dan memberikan gizi pada kulit, serta membantu pengaturan makanan dan metabolism air.

Menjadi tertekan secara emosional, mengonsumsi makanan yang salah, atau terkena lingkungan yang beracun atau gangguan infeksi pada sistem organ dan meridian, dapat menciptakan gangguan tidur.

Misalnya, ketika energi ginjal (sumber energi pendingin utama kita) menjadi sangat kurang dalam menyeimbangkan energi jantung (sumber energi panas utama kita), orang tidak dapat tidur akibat kelebihan energi panas. Sehingga mereka mendapat insomnia.

Ketika energi Yang liver tidak seimbang oleh energi Yin liver, orang bisa mendapat mimpi buruk, berjalan sambil tidur dan mengalami sindrom kaki gelisah. Ketika Qi limpa dan paru-paru kurang, tubuh mengakumulasi lemak dahak yang dapat memblokir jalannya napas, sehingga menyebabkan tidur apnea (suatu kondisi kronis yang mengganggu tidur).

Oleh karena itu, dari perspektif pengobatan Tiongkok, gangguan tidur adalah manifestasi dangkal dari ketidakseimbangan yang mendasari energi tubuh. Ketidakseimbangan ini menyebabkan masalah kesehatan yang sering ditingkatkan dengan memodifikasi gaya hidup kita, termasuk mendapatkan tidur yang sehat, makan dengan benar, bermeditasi, berolahraga, dan mengurangi stres

Bagi mereka yang memiliki gejala yang menyusahkan, sangat penting dan membantu jika mendapatkan rangkaian perawatan akupunktur dan obat-obatan herbal. Hal terakhir yang Anda ingin lakukan adalah mengatasi gejala hanya dengan minum obat.

Sumber : erabaru.net

 
KOMENTAR ANDA :




ARTIKEL LAINNYA
tips memilih pengobatan alternatif yang aman

mengapa orang sulit menurunkan berat badan?

terapi untuk keperkasaan

ingin sehat? menangislah

pengobatan tuli secara permanen telah ditemukan

penyembuhan homeopathy jauh lebih baik dari sekedar efek placebo

menyembuhkan dengan kekuatan pikiran

meredakan berbagai nyeri dengan bunga matahari

meditasi untuk kebugaran

jantung ular python untuk obat penyakit jantung manusia

 
 
 
VIDEO MISTERI PILIHAN
Penampakan Hantu di Morialta Falls Conservation Park, Australia
 


[ ADS ]
[ PRODUK ]

metode astral projection anti gagal

kumpulan audio hipnoterapi

program pembangkitan ilmu tenaga dalam

pagar gaib mobil

tasbih kayu kokka asli

metode alternatif menambah tinggi badan secara alami



[ PENCARIAN ]

Kata yang dicari



di



[ NETWORK ]


loading...

Email : support@indospiritual.com SMS CENTRE : 0813-8698-9797 (Sabtu/Minggu/Hari Besar Libur)
CopyLeft @ 2019, IndoSpiritual.com