Primbon, Mistik, Klenik, Paranomal, Metafisika
Pendulum Audio Pembangkit Energi Metafisika
Metode Alternatif Tambah Tinggi Badan Rajah Penakluk Sukma
Super Hipnotis Modern : Pengaruhi Orang Jarak Jauh Audio Zikir Menetralisir Energi Negatif
Paket Belajar Hipnotis Audio Pembangkit Energi Metafisika
Pendulum Ajaib untuk Deteksi Berbagai Hal Tasbih Nur Karomah
Software Pemusnah Santet Rahasia Dahsyat Kunci Kekayaan Agung
Nomor Handphone Pendongkrak HOKI VCD : Senam Praktis Penyembuh Sgl Penyakit
ilmu tenaga dalam kalung penyembuh penyakit
 
Sabtu Legi, 7 Desember 2019 (9 Rabiul Tsani 1441H)   

[ ADS ]
bisnis crypto
[ KEILMUAN ]

menaklukan pelaku ilmu gendam

agar lolos dari pemeriksaan oknum aparat

asma patirasa

rajah ilmu menghilang

asmak getak ambyak

doa pegangan para pemimpin

menundukan masyarakat di suatu daerah

khasiat hizib nasr




[ ARTIKEL ]

 membaca pikiran lewat mata

 riwayat hotel paling angker sedunia

 membaca romantisme seseorang lewat zodiak

 tips menjinakkan kekuatan jahat dalam benda pusaka

 fakta menarik mengenai mimpi



[ TEROPONG ]
Tafsir Mimpi
Kedutan
[ MENU ]
JOIN NOW
LOGIN
Konsultasi Spiritual


Home > Artikel > Detail
Aktivasi otak untuk dewasa

Reinkarnasi : Fakta atau Tahayul?

by : Indospiritual
Kategori : Umum
 
Reinkarnasi itu fakta, kekeliruan, takhayul, ataukah hanya kebetulan? Kisah-kisah orang dengan kemampuan pikiran, yang dapat menyelidiki hingga ke kehidupan di masa lalu, pikiran yang memiliki kekuatan untuk menggerakkan objek dan melihat hal-hal di masa lalu yang tidak bisa dilakukan dengan panca indera yang biasa, yaitu sebuah pikiran yang beroperasi secara independen dari tubuh.

Sejak zaman kuno, teka-teki ini telah mengusik sejumlah orang dengan pikiran rasional, namun kita coba kembali pada era 1970-an, yaitu ke era sekelompok ilmuwan yang tergabung dalam Detektif Pikiran, yang mulai memahami sesuatu tentang misteri yang selama ini terpendam jauh di dalam diri kita.

Apakah kita benar-benar hanya memiliki satu kehidupan saja, atau sesungguhnya ada banyak kehidupan? Pernahkah Anda mengalami perasaan Déjà vu atau merasakan perasaan "pernah ke sini?" Menurut Detektif Pikiran, kita telah mengalami banyak kehidupan sebelumnya di masa lalu dan kita akan terus dilahirkan kembali, menjadi bentuk lain, sampai kita mencapai sebuah bentuk mutlak.

Berikut adalah tiga kasus menarik dari pengalaman ahli tentang masalah reinkarnasi.

Studi Kasus 1 – Rekaman Bloxham

Arnall Bloxham adalah seorang hipnoterapis asal Wales yang aktif pada 1970- an. Selama periode 20 tahun, ia menghipnotis beberapa ratus orang dan merekam apa yang tampak dalam deskripsi kehidupan sebelumnya. Apakah rekaman Bloxham itu telah dapat membuktikan eksistensi reinkarnasi, ataukah hal itu dapat dijelaskan dalam beberapa cara lain?

Arnall Bloxham adalah seorang ahli dalam ilmu hipnotis yang disebut "Eksperimen Regresi Kehidupan Masa Lalu". Dalam hipnosisnya, dia bias membawa seseorang kembali ke masa kelahirannya, dan bahkan lebih dari itu. Bloxham yang kemudian menjadi presiden dari Komunitas Hipnoterapis Inggris, juga kerap kali menggunakan hipnotis untuk menyembuhkan seseorang dari gangguan fi sik, seperti merokok misalnya.

Apa yang terjadi selama percobaan pada regresi hipnotis, memang tampak seperti menentang logika manusia yang umum, dimana kliennya akan bisa berhubungan secara mendetail dengan kehidupan orang-orang yang ada pada ratusan tahun yang lalu.

Bloxham memproduksi lebih dari 400 rekaman tape subjek terhipnotis yang telah dibangkitkan kenangan tentang kehidupan masa lalu mereka. Selain itu banyak catatan rinci, referensi silang dari kaset ini, telah dibuktikan sebagai fakta. Menurut Bloxham, bukti kuat ini sangat mendukung kepercayaan kuno reinkarnasi sebagai suatu kebenaran.

Salah satu kasus Bloxham yang menarik adalah Jane Evans. Jane yang dihipnotis kembali ke dalam kehidupan masa lalunya, dimulai pada 1971 ketika ia melihat sebuah poster yang bertuliskan: "Arnall Bloxham mengatakan bahwa rematik adalah gejala psikologis." Jane merupakan seorang ibu rumah tangga berkebangsaan Wales berusia 32 tahun yang menderita radang sendi (rheumatoid arthritis), dimana setelah menemukan kalimat yang luar biasa ini, ia segera memutuskan untuk berhubungan dengan orang yang bertanggung jawab untuk poster ini.

Akhirnya, ia memasuki kondisi terhipnotis dan berhubungan dengan enam kehidupan masa lalunya, yaitu sebagai istri seorang guru di zaman Romawi, sebagai seorang Yahudi yang dibantai di abad ke-12 di York, sebagai hamba dari pangeran pedagang Perancis abad pertengahan, sebagai pelayan dari Catherine of Aragon, sebagai hamba miskin di London pada masa pemerintahan Ratu Anne, dan sebagai seorang biarawati di Amerika pada abad ke-19.

Kisah Jane Evans dan beberapa contoh lain dari reinkarnasi didokumentasikan oleh produser televisi BBC, Jeffrey Iverson dalam bukunya, "Hidup Lebih dari Satu Kali?" Pada 1975, dalam mengejar verifi - kasi mengenai teori reinkarnasi, Iverson meminta izin Jane agar membiarkan Bloxham untuk menghipnotisnya sekali lagi, namun kali ini dilakukan di hadapan kamera televisi dan tape recorder BBC. Iverson kemudian menetapkan bahwa pada kenyataannya Jane memang memiliki lebih dari satu kehidupan.

Iverson meneliti secara detail dari kehidupan-kehidupan masa lalu Jane Evans ini dan memverifi kasi bahwa rincian catatan Jane Evans itu memang benar-benar terjadi pada masa lalu. Pada akhir bukunya,  ia menganggap bahwa 20 tahun kinerja Bloxham itu telah menandakan dukungan yang kuat bagi konsep reinkarnasi.  Ia juga memproduksi sebuah fi lm dokumenter BBC yang disebut The Bloxham Tapes, yang didasarkan dari semua bahan tersebut.

Studi Kasus 2 – Kaum Cathar Dr. Arthur Guirdham


Dr. Guirdham, seorang pensiunan psikiater kesehatan nasional di Inggris, memimpin sekelompok kecil orang yang percaya bahwa mereka adalah kaum Cathar (aliran dalam Nasrani yang memercayai 2 Tuhan, Tuhan Baik dan Tuhan Jahat) dalam kehidupan masa lalu mereka, yaitu kelompok agama yang dianggap sesat yang berada di daerahLanguedoc selatan, sebelah barat Perancis pada abad ke-13.

Dr Guirdham menuturkan pengalaman ini dalam bukubukunya:We Are One Another, The Cathar & Reincarnation, dan otobiografi nya, A Foot in Both Worlds.

Insiden yang menyebabkan teori reinkarnasi Dr. Guirdham dimulai di Bath pada 1962, di unit rawat jalan rumah sakit, dimana Dr. Guirdham bekerja sebagai psikiater. Pada suatu hari ia menjumpai seorang pasien yang menarik, yaitu seorang perempuan muda yang telah mengalami mimpi buruk yang berulang sejak masa remaja, namun terakhir itu ia mengalami dua atau tiga kali dalam seminggu. Dalam mimpinya, perempuan muda itu berbaring telentang di lantai sementara seorang pria mendekatinya dari belakang. Dia tidak tahu apa yang akan terjadi namun ia merasa benarbenar ketakutan.

Meskipun Dr. Guirdham tetap tenang dan obyektif, ia tidak bisa menyembunyikan keterkejutannya saat mendengar bahwa pasien perempuannya itu menggambarkan mimpi buruk yang sama yang juga dialami sang dokter selama lebih dari 30 tahun. Sang dokter pun merasa tertarik namun ia tidak mengatakan apa-apa kepada pasiennya. Sang pasien perempuan itu tidak pernah mengalami mimpi buruk lagi, dan begitu pula dengan Dr. Guirdham, dimana mimpinya berhenti dalam waktu seminggu pasca pertemuannya dengan pasien perempuan itu.

Pertemuan mereka berlanjut, meskipun Dr. Guirdham yakin bahwa tidak ada yang salah dengan mental pasien dan pengetahuan tentang masa lalu sang pasien perempuan itu membuatnya tertarik. Kemudian, pasien perempuan itu memberinya daftar nama orang-orang yang menurutnya telah ada di abad ke-13 dan menggambarkan hal-hal yang terjadi pada mereka. Pasien itu juga mengatakan kepada Dr. Guirdham bahwa sang dokter juga hidup di masa itu dan bernama Rogiet de Cruisot.

Sebagai seorang psikiater, Dr.Guirdham telah memiliki beberapa informasi dasar tentang teori reinkarnasi, namun ia tidak pernah memiliki banyak ketertarikan terhadap dalam subjek tersebut sebelumnya. Dan karena merasa tertarik pada kasus ini, ia pun memutuskan untuk menyelidiki. Ia menemukan bahwa nama- nama yang diberikan oleh pasiennya itu memang akurat, meskipun hanya disebutkan dalam catatan sejarah yang cukup jelas dari Abad Pertengahan.

Catatan-catatan itu telah ditulis dalam bahasa Perancis dan belum pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.  Orang-orang yang digambarkan oleh pasien Dr. Guirdham semuanya merupakan anggota sekte Cathar, sebuah kelompok yang telah berkembang di Perancis selatan dan Italia utara pada Abad Pertengahan. Kaum Cathar di antaranya memang memercayai reinkarnasi. Seiring waktu, Dr. Guirdham kemudian bertemu dengan lebih banyak orang, total berjumlah 11 orang, yang memiliki kenangan kehidupan masa lalu mereka dalam kelompok Cathar.

Tak satu pun dari subjek tersebut yang dibius atau dihipnotis. Menurut Dr. Guirdham, nama dan insiden masa lalu yang mereka temukan, hanya muncul dalam pikiran. Dr. Guirdham juga memproduksi salah satu bagian paling luar biasa dari bukti yang dimilikinya, yaitu sketsa seorang gadis tujuh tahun yang berisi gambar dari zaman dulu. Sketsa juga mencakup nama banyak anggota dari sekte Cathar. Sambil terkagum- kagum, Dr. Guirdham mengatakan, "Hal itu di luar nalar saya bagaimana seorang anak 7 tahun bisa mengetahui nama-nama yang bahkan tidak dikenal oleh seorang ahli sejarah abad pertengahan Inggris."

Berdasarkan banyaknya kenangan, nama, dan kontak, meyakinkan sang dokter bahwa ia dan kelompoknya telah beberapa kali hidup bersama, tidak hanya sekali, namun selama beberapa kali kehidupan sebelumnya. Dia berkata, "Selama 40 tahun pengalaman di bidang kedokteran, hal itu sangat baik bahwa saya mengetahui perbedaan antara pengalaman seorang peramal dan seorang penderita skizofrenia atau saya sendiri yang merupakan psikotik. Tak satu pun dari orang yang ada dalam kelompok saya yang mengalami gangguan jiwa."

Studi Kasus 3 – Dr. Ian Stevenson, Universitas Virginia


Jika terdapat daftar ahli paling top dunia pada bidang reinkarnasi, maka Dr. Ian Stevenson, Profesor Psikiatri di Universitas Virginia, AS, tentunya akan berada di daftar tersebut. Dia telah berkelana di seluruh dunia untuk menyelidiki berbagai laporan reinkarnasi dan telah menyusun serangkaian pengujian yang ketat untuk menghindari terjadinya penipuan, cryptomnesia (ingatan yang terkubur di bawah sadar seseorang), dan lain sebagainya.

Dari 200 kasus, hanya 20 di antaranya yang berhasil melewati pengujian yang ketat dari Dr. Stevenson yang menjadi kemungkinan sugestif mengenai kasus reinkarnasi. Tujuh dari kasus ini terjadi di India, tiga di Sri Lanka, dua di Brazil, satu di Lebanon, dan tujuh lainnya di antara suku Indian di Alaska.

Salah satu kasus terjadi pada seorang gadis yang sangat belia, yang lahir pada 1956 di pusat Sri Lanka dengan nama yang akan membuat lidah berputar, Gnantilleka Baddewithana. Segera setelah ia mulai belajar bicara, ia mulai menyebutkan ibu dan ayah yang berada di tempat lain, serta dia juga mengaku memiliki dua saudara laki- laki dan banyak saudara perempuan.

Dari rincian yang disebutkan oleh si gadis kecil, orang tuanya mampu mencocokkan deskripsinya dengan sebuah keluarga di sebuah kota yang terletak agak jauh. Mereka menemukan bahwa keluarga ini telah kehilangan seorang putra pada 1954. Ketika dibawa untuk mengunjungi keluarga ini, Gnantilleka mengatakan bahwa dia adalah anak dari keluarga itu yang mati, dan mampu secara tepat mengidentifi kasi tujuh "anggota keluarganya". Padahal sebelumnya, kedua keluarga itu tidak pernah bertemu satu sama lain, bahkan belum pernah mengunjungi kota masingmasing.

Kesimpulan

Para skeptis mungkin akan menyimpulkan teori reinkarnasi sebagai sebuah kekeliruan, sementara umat beragama yang tidak percaya pada reinkarnasi mungkin hanya menganggap fenomena ini sebagai suatu hal takhayul yang tak berdasar.

Terlepas dari apakah Anda percaya atau tidak, sejak zaman dahulu, agama-agama Timur seperti Buddhisme dan Taoisme telah menyebutkan teori reinkarnasi dalam kepercayaan mereka. Mereka percaya pada hukum karma, atau dengan kata lain, hubungan antara sebab dan akibat. Mereka percaya bahwa perilaku seseorang dalam kehidupan sekarang dan semua perbuatan baik dan tingkah yang dilakukan akan diperhitungkan pada kehidupan mendatang.

Teori mengatakan bahwa kekuatan alam dari Hukum Kosmis, atau Anda dapat menyebutnya sebagai Hukum Alam, akan lebih diutamakan daripada ini. Perbuatan seseorang, baik atau buruk, akan terwujud efeknya dalam kehidupan yang berikutnya, baik sebagai keberuntungan atau nasib buruk, dan sebagainya, sesuai dengan kasus itu sendiri.

Para ateis mungkin akan mempertimbangkan teori ini sebagai contoh dari "sindrom fatalistik." Para ateis percaya bahwa kehidupan adalah bergantung pada diri sendiri, takdir seseorang berada di tangan sendiri, bukannya Sang Pencipta.

Sebaliknya, Taoisme memercayai bahwa seseorang akan menuai apa yang dia telah taburkan. Mungkin, ini menjelaskan tentang salah satu teori Taoisme tentang delapan jenis takdir dalam reinkarnasi manusia, seperti kekayaan – kemiskinan, kehormatan – kerendahan, panjang umur – umur pendek, dan sebagainya. Mungkin ini juga alasan mengapa ajaran Buddha telah mengajarkan teori "enam jalur samsara (reinkarnasi)" mulai dari sekitar 2.500 tahun yang lalu hingga saat ini.

Dan mungkin ini juga bisa menjadi alasan tentang seringnya para nenek moyang dan orang tua kita menganjurkan: "Melakukan perbuatan baik akan dibalas dengan kebajikan dan melakukan perbuatan buruk atau jahat akan mengakibatkan pembalasan jahat pula."

Bagi yang ingin mengetahui reinkarnasi dari sudut pandang ajaran Islam silahkan download ebooknya di http://www.ziddu.com/download/4656309/evolusi-ruhani.pdf.html

sumber : erabaru.net

 
KOMENTAR ANDA :




ARTIKEL LAINNYA
meningkatkan kesehatan otak dengan air putih

mengenal kelenjar pineal

arti sebuah makam dari sudut pandang fengshui

asteroid ancam bumi tahun 2020, nasa siapkan penangkalnya

menebak kepribadian wanita berdasarkan bentuk hidungnya

ramalan indonesia 2017 versi mbah mijan

arkeolog temukan teks kuno mesir jampi-jampi ampuh pemikat wanita

ramalan al-quran tentang kekaisaran bizantium yang menjadi kenyataan

misteri desa kurcaci di cina

misteri batu ajaib di as yang bisa berbunyi seperti bel

 
 
 
VIDEO MISTERI PILIHAN
Pianis Buta Usia Lima Tahun : Jenius!
 


[ ADS ]
[ PRODUK ]

metode astral projection anti gagal

kumpulan audio hipnoterapi

program pembangkitan ilmu tenaga dalam

pagar gaib mobil

tasbih kayu kokka asli

metode alternatif menambah tinggi badan secara alami



[ PENCARIAN ]

Kata yang dicari



di



[ NETWORK ]


loading...

Email : support@indospiritual.com SMS CENTRE : 0813-8698-9797 (Sabtu/Minggu/Hari Besar Libur)
CopyLeft @ 2019, IndoSpiritual.com